Rabu, 11 Januari 2017

SYI’AH RAFIDHAH MENURUT ULAMA’ AHLUS SUNNAH WAL JAMA’AH


SYI’AH RAFIDHAH MENURUT ULAMA’ AHLUS SUNNAH WAL JAMA’AH

1.       Imam Malik bin Anas (w.179)

الذي يشتم أصحاب النبي صلى الله عليه و سلم ليس لهم سهم أو قال نصيب في الإسلام (الخلال السنة ج1/394 و أخرجه ابن بطة في الإبانة الصغرى ص 261)

“Orang yang mencacimaki sahabat Nabi, mereka tidak memiliki saham atau bagian di dalam Islam.” –Diriwayatkan oleh al-Khallal dalam kitab as-sunnah, vol.1/493 dan Ibnu Battah dalam al-Ibanah al-Sughra, hal.162-

2.       Imam Asy-Syafi’I (w.204 H)

لم ار أحدا من أصحاب الأهواء أكذب في الدعوى و لا أشهد بالزور من الرافضة (أخرجه ابن بطة في الإبانة الكبرى ج 2/545 و البيهقي في مناقب الشافعي ج 1/864 و اللالكائى في شرح السنة ج 8/7541)

“saya tidak pernah melihat seorang pun dari para pengikut hawa nafsu yang paling banyak berdusta dalam dakwahnya dan yang paling banyak bersaksi palsu dari pada Syi’ah Rafidhah.” –diriwayatkan oleh Ibnu Battah dalam al-ibanah al-sughra, vol.2/545, al-Bayhaqi dalam manaqib asy-syafi’I, vol.1/468, dan al-Lalikai dalam syarhu as-sunnah, vol.8/1457.-

و سأل أبو يعقوب يوسف بن يحيى البويطي الإمام الشافعي : أصلي خلف الرافضي ؟ قال لا تصلي خلف الرافضي و لا القدري و لا المرجئى (سير أعلام النبلاء للذهبي 01/13)

Abu Yusuf Ya’qub bin Yahya al-Buwaithi –murid Imam Syafi’i- bertanya kepada beliau, “Bolehkah saya shalat bermakmum di belakang Rafidhi ?” Beliau menjawab, “Jangan shalat di belakang Syiah Rafidhah, orang Qodariyah, dan orang Murji’ah.” –Lihat Adz-Dzahabi, Syiyar A’lam an-Nubala’, vol.10/31.-

3.       Imam Ahmad bin Hanbal (w.241 H)

عن عبد الملك بن عبد الحميد قال سمعت أبا عبد الله قال من شتم أخاف عليه الكفر مثل الروافضي ثم قال من شتم أصحاب النبي صلى الله عليه و سلم لا نأمن عليه أن يكون مرق من الدين (السنة للخلال ج 1/394)

“dari  Abdul Malik bin Abdul Hamid berkata, saya telah mendengar Abu Abdillah (Ahmad bin Hanbal)  berkata, Siapa yang mencaci sahabat saya mengkhawatirkan atasnya kekafiran seperti orang-orang Rofidhoh. Lalu ia berkata, siapa yang mencaci maki para sahabat Nabi kami tidak merasa aman atasnya telah keluar dari agama Islam, -Al-Khallal dalam kitab as-sunnah, vol.1/493-

و عن أبي بكر المروذي قال سألت أبا عبد الله عن من يشتم أبا بكر و عمر و عائشة ؟ قال ما أراه على الإسلام (السنة للخلال ج1/394)

Dan dari Abu Bakar al-Marudzi berkata, “Aku tanyakan Abu Abdillah tentang orang yang mencaci maki Abu Bakar, Umar dan Aisyah apa hukumnya ?” beliau berkata, “Saya tidak melihatnya berada dalam Islam.” -Al-Khallal dalam kitab as-sunnah, vol.1/493-

4.       Imam Al-Bukhari (W.256 H)

قال في كتاب خلق أفعال العباد: ما أبالي صليت خلف الجهمي و الرافضي أم صليت خلف اليهود و النصارى و لا يسلم عليهم ولا يعادون ولا يناكحون ولا يشهدون ولا تؤكل ذبائحهم (ج2, ص33)

Al-Bukhari berkata: “Saya tidak akan shalat di belakang Jahamiyah dan Rafidhah, sama seperti shalat di belakang Yahudi dan Nasrani, tidak boleh mengucapkan salam kepada mereka, tidak di jenguk, tidak boleh dinikahkan, tidak boleh disaksikan jenazahnya, dan tidak boleh dimakan sembelihannya.” –Al-Bukhari, Khalqu Af’al al-Ibad, vol.1/148, vol.2/33-

5.       Imam Abu Zur’ah ar-Razi (w.264 H)

إذا رأيت الرجل ينتقص أحدا من أصحاب رسول الله صلى الله عليه و سلم فاعلم أنه زنديق و ذلك أن الرسول عندنا حق و القرأن حق و إنما أدّى إلينا هذا القرأن و السنن أصحاب رسول الله و إنما يريدون أن يجرّحوا شهودنا ليبطلوا الكتاب و السنة و الجرح بهم أولى و هم زنادقة (الكفاية في علم الدراية للخطيب البغدادى ص 94)

“Jika anda melihat seorang yang merendahkan salah satu sahabat Rosulullah maka ketahuilah bahwa dia itu zindiq, karena Rosul menurut kita adalah haq, dan Al-Qur’an juga haq, sementara para sahabat Rosul yang telah meriwayatkan Al-Qur’an dan Sunnah Nabi kepada kita. Sebenarnya mereka hendak melukai para saksi kita untuk membatalkan kebenaran Al-Qur’an dan Sunah. Sebaliknya, mencela status mereka (para pencela sahabat) itu lebih berhak karena mereka adalah kaum zindiq.” –Al-Khatib al-baghdadi, al-Kifayah fi Ilmi sr-Riwayah, hal.49-

6.       Imam Abu Bakr ibn al-‘Arabi (w.543 H)

ما رضيت النصارى و اليهود في أصحاب موسى و عيسى ما رضيت الروافض في أصحاب محمد صلى الله عليه و سلم حين حكموا عليهم بأنهم قد اتفقوا على الكفر و الباطل (ص 413)

“Orang yahudi dan Nasrani tidak menyetujui persepsi terhadap sahabat Musa dan Isa seperti gambaran kaum Rafidhah terhadap para sahabat Muhammad ketika mereka memvonis para sahabat Nabi telah bersepakat atas kekafiran dan kebathilan.” –Lihat al-‘awasim min al-Qawashim, hal.314 maksudnya Syiah lebih jahat dari Yahudi-Nasrani karena mereka tidak pernah menjelek-jelekan sahabat setia nabi mereka, [ed.]-

7.       Imam Ibnu Jauzi (w.597 H)

و غلو الرافضة في حب علي رضي الله عنه حملهم على أن وضعوا أحاديث كثيرة في فضائله أكثرها تشينه و تؤذيه و لهم مذاهب في الفقه ابتدعوها و خرافات تخالف الإجماع في مسائل كثيرة يطول ذكرها خرقوا فيها الإجماع سول لهم إبليس وضعها على وجه لا يستندون فيه الى أثر و لا قياس بل إلى الواقعات و مقابح الرافضة أكثر من أن تحصى (تلبيس إبليس ص 631-731)

“Sikap ekstrim Rafidhah dalam mencintai Ali membawa mereka untuk membuat hadits-hadits palsu tentang keutamaannya yang kebanyakan justru menjelekan dan menyakiti beliau. Mereka juga merekayasa madzhab fiqih sendiri dan berbagai khurafat yang menyalahi Ijma’ dalam banyak masalah yang cukup panjang bila di sebutkan, semuanya merobek Ijma’. Iblis telah mempengaruhi mereka untuk merekayasa tanpa berdasar pada atsar dan qiyas, tapi berdasar kepada kasus-kasus. Keburukan Rafhidah terlalu banyak untuk di hitung.” – Lihat Talbisu Iblis, hal. 136-137-

8.       Imam as-Syaukani  (w.1250 H)

واعلم  أن لهذه الشنعة الرافضية و البدعة الخبيثة ذيلا هو أشر ذيل و ويلا هو أقبح ويل و هو أنهم لما علموا أن الكتاب و السنة يناديان عليهم بالخسارة و البوار بأعلى صوة عادوا السنة المطهرة و قدحوا فيها و في أهلها بعد قدحهم في الصحابة رضي الله عنهم و جعلوا المتمسك بها من أعداء أهل البيت و من المخالفين للشيعة لأهل البيت فأبطلوا السنة بأسرها و تمسكوا بها في مقابلها و تعوضوا عنها بأكاذيب مفتراة مشتملة على القدح المكذوب المفترى في الصحابة و في جميع الحاملين للسنة المهتدين بهديها العاملين بما فيها الناشرين لها في الناس من التابعين و تابعيهم الى هذه الغاية و سموهم بالنصب و البغض لأمير المؤمنين علي ابن أبي طالب رضي الله عنه و أولاده فأبعد الله الرافضة و أقمأهم (ص 503-603)

“Ketahuilah bahwa kejahatan Rafidhah dan bid’ah buruk mereka menyebabkan buntut paling buruk dan celaka yang paling jelek, ketika mereka mengetahui bahwa Al-Qur’an dan As-Sunnah menyerukan kerugian dan kehancuran atas mereka dengan suara tinggi, mereka pun memusuhi Sunnah yang suci dan mencederai para ahlinya yaitu para sahabat yang Allah ridhai mereka,  dan mereka jadikan orang yang memegangi sunnah sebagai musuh Ahlul Bait, mereka telah membatalkan sunnah seluruhnya dan menggantikannya dengan kedustaan-kedustaan yang mengandung cacian dan celaan pada para sahabat dan orang-orang yang mengusung sunnah, berpedoman dengannya dan mengamalkannya dari kalangan Tabi’in dan pengikut mereka dengan keji sampai mereka di namai dengan Nashib, yang membenci Amirul Mukminin Ali dan putra-putranya. Semoga Allah menjauhkan Rafidhah dan mencongkel mereka. –Lihat Quthr al-waliy fi hadits al-waliyy, hal.305-306-

Artikel Terkait:
SEJARAH KEMUNCULAN SYI'AH  

Sumber:
Buku Panduan Majlis Ulama’ Indonesia,
Mengenal dan Mewasdai Penyimpangan SYI’AH Di Indonesia.

Tim Penulis MUI Pusat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar