SYI’AH RAFIDHAH MENURUT ULAMA’ AHLUS SUNNAH WAL JAMA’AH
1.
Imam Malik bin
Anas (w.179)
الذي يشتم أصحاب النبي صلى الله عليه و سلم ليس لهم سهم أو قال نصيب
في الإسلام (الخلال السنة ج1/394 و أخرجه ابن بطة في الإبانة الصغرى ص 261)
“Orang yang mencacimaki sahabat Nabi,
mereka tidak memiliki saham atau bagian di dalam Islam.” –Diriwayatkan oleh
al-Khallal dalam kitab as-sunnah, vol.1/493 dan Ibnu Battah dalam al-Ibanah
al-Sughra, hal.162-
2.
Imam Asy-Syafi’I
(w.204 H)
لم ار أحدا من أصحاب الأهواء أكذب في الدعوى و لا أشهد بالزور من
الرافضة (أخرجه ابن بطة في الإبانة الكبرى ج 2/545 و البيهقي في مناقب الشافعي ج
1/864 و اللالكائى في شرح السنة ج 8/7541)
“saya tidak pernah melihat seorang pun dari
para pengikut hawa nafsu yang paling banyak berdusta dalam dakwahnya dan yang
paling banyak bersaksi palsu dari pada Syi’ah Rafidhah.” –diriwayatkan oleh
Ibnu Battah dalam al-ibanah al-sughra, vol.2/545, al-Bayhaqi dalam manaqib
asy-syafi’I, vol.1/468, dan al-Lalikai dalam syarhu as-sunnah, vol.8/1457.-
و سأل أبو يعقوب يوسف بن يحيى البويطي الإمام الشافعي : أصلي خلف
الرافضي ؟ قال لا تصلي خلف الرافضي و لا القدري و لا المرجئى (سير أعلام النبلاء
للذهبي 01/13)
Abu Yusuf Ya’qub bin Yahya al-Buwaithi
–murid Imam Syafi’i- bertanya kepada beliau, “Bolehkah saya shalat bermakmum di
belakang Rafidhi ?” Beliau menjawab, “Jangan shalat di belakang Syiah Rafidhah,
orang Qodariyah, dan orang Murji’ah.” –Lihat Adz-Dzahabi, Syiyar A’lam
an-Nubala’, vol.10/31.-
3.
Imam Ahmad bin
Hanbal (w.241 H)
عن عبد الملك بن عبد الحميد قال سمعت أبا عبد الله قال من شتم أخاف
عليه الكفر مثل الروافضي ثم قال من شتم أصحاب النبي صلى الله عليه و سلم لا نأمن
عليه أن يكون مرق من الدين (السنة للخلال ج 1/394)
“dari
Abdul Malik bin Abdul Hamid berkata, saya telah mendengar Abu Abdillah
(Ahmad bin Hanbal) berkata, Siapa yang
mencaci sahabat saya mengkhawatirkan atasnya kekafiran seperti orang-orang
Rofidhoh. Lalu ia berkata, siapa yang mencaci maki para sahabat Nabi kami tidak
merasa aman atasnya telah keluar dari agama Islam, -Al-Khallal dalam kitab
as-sunnah, vol.1/493-
و عن أبي بكر المروذي قال سألت أبا عبد الله عن من يشتم أبا بكر و عمر
و عائشة ؟ قال ما أراه على الإسلام (السنة للخلال ج1/394)
Dan dari Abu Bakar al-Marudzi berkata, “Aku
tanyakan Abu Abdillah tentang orang yang mencaci maki Abu Bakar, Umar dan
Aisyah apa hukumnya ?” beliau berkata, “Saya tidak melihatnya berada dalam
Islam.” -Al-Khallal dalam kitab as-sunnah, vol.1/493-
4.
Imam Al-Bukhari
(W.256 H)
قال في كتاب خلق أفعال العباد: ما أبالي صليت خلف الجهمي و الرافضي أم
صليت خلف اليهود و النصارى و لا يسلم عليهم ولا يعادون ولا يناكحون ولا يشهدون ولا
تؤكل ذبائحهم (ج2, ص33)
Al-Bukhari berkata: “Saya tidak akan shalat
di belakang Jahamiyah dan Rafidhah, sama seperti shalat di belakang Yahudi dan
Nasrani, tidak boleh mengucapkan salam kepada mereka, tidak di jenguk, tidak
boleh dinikahkan, tidak boleh disaksikan jenazahnya, dan tidak boleh dimakan
sembelihannya.” –Al-Bukhari, Khalqu Af’al al-Ibad, vol.1/148, vol.2/33-
5.
Imam Abu Zur’ah
ar-Razi (w.264 H)
إذا رأيت الرجل ينتقص أحدا من أصحاب رسول الله صلى الله عليه و سلم
فاعلم أنه زنديق و ذلك أن الرسول عندنا حق و القرأن حق و إنما أدّى إلينا هذا
القرأن و السنن أصحاب رسول الله و إنما يريدون أن يجرّحوا شهودنا ليبطلوا الكتاب و
السنة و الجرح بهم أولى و هم زنادقة (الكفاية في علم الدراية للخطيب البغدادى ص
94)
“Jika anda melihat seorang yang merendahkan
salah satu sahabat Rosulullah maka ketahuilah bahwa dia itu zindiq, karena
Rosul menurut kita adalah haq, dan Al-Qur’an juga haq, sementara para sahabat
Rosul yang telah meriwayatkan Al-Qur’an dan Sunnah Nabi kepada kita. Sebenarnya
mereka hendak melukai para saksi kita untuk membatalkan kebenaran Al-Qur’an dan
Sunah. Sebaliknya, mencela status mereka (para pencela sahabat) itu lebih
berhak karena mereka adalah kaum zindiq.” –Al-Khatib al-baghdadi, al-Kifayah
fi Ilmi sr-Riwayah, hal.49-
6.
Imam Abu Bakr ibn
al-‘Arabi (w.543 H)
ما رضيت النصارى و اليهود في أصحاب موسى و عيسى ما رضيت الروافض في
أصحاب محمد صلى الله عليه و سلم حين حكموا عليهم بأنهم قد اتفقوا على الكفر و
الباطل (ص 413)
“Orang yahudi dan Nasrani tidak menyetujui
persepsi terhadap sahabat Musa dan Isa seperti gambaran kaum Rafidhah terhadap
para sahabat Muhammad ketika mereka memvonis para sahabat Nabi telah bersepakat
atas kekafiran dan kebathilan.” –Lihat al-‘awasim min al-Qawashim, hal.314
maksudnya Syiah lebih jahat dari Yahudi-Nasrani karena mereka tidak pernah
menjelek-jelekan sahabat setia nabi mereka, [ed.]-
7.
Imam Ibnu Jauzi
(w.597 H)
و غلو الرافضة في حب علي رضي الله عنه حملهم على أن وضعوا أحاديث
كثيرة في فضائله أكثرها تشينه و تؤذيه و لهم مذاهب في الفقه ابتدعوها و خرافات
تخالف الإجماع في مسائل كثيرة يطول ذكرها خرقوا فيها الإجماع سول لهم إبليس وضعها
على وجه لا يستندون فيه الى أثر و لا قياس بل إلى الواقعات و مقابح الرافضة أكثر
من أن تحصى (تلبيس إبليس ص 631-731)
“Sikap ekstrim Rafidhah dalam mencintai Ali
membawa mereka untuk membuat hadits-hadits palsu tentang keutamaannya yang
kebanyakan justru menjelekan dan menyakiti beliau. Mereka juga merekayasa
madzhab fiqih sendiri dan berbagai khurafat yang menyalahi Ijma’ dalam banyak
masalah yang cukup panjang bila di sebutkan, semuanya merobek Ijma’. Iblis
telah mempengaruhi mereka untuk merekayasa tanpa berdasar pada atsar dan qiyas,
tapi berdasar kepada kasus-kasus. Keburukan Rafhidah terlalu banyak untuk di
hitung.” – Lihat Talbisu Iblis, hal. 136-137-
8.
Imam
as-Syaukani (w.1250 H)
واعلم أن لهذه الشنعة
الرافضية و البدعة الخبيثة ذيلا هو أشر ذيل و ويلا هو أقبح ويل و هو أنهم لما
علموا أن الكتاب و السنة يناديان عليهم بالخسارة و البوار بأعلى صوة عادوا السنة
المطهرة و قدحوا فيها و في أهلها بعد قدحهم في الصحابة رضي الله عنهم و جعلوا
المتمسك بها من أعداء أهل البيت و من المخالفين للشيعة لأهل البيت فأبطلوا السنة بأسرها
و تمسكوا بها في مقابلها و تعوضوا عنها بأكاذيب مفتراة مشتملة على القدح المكذوب
المفترى في الصحابة و في جميع الحاملين للسنة المهتدين بهديها العاملين بما فيها
الناشرين لها في الناس من التابعين و تابعيهم الى هذه الغاية و سموهم بالنصب و
البغض لأمير المؤمنين علي ابن أبي طالب رضي الله عنه و أولاده فأبعد الله الرافضة
و أقمأهم (ص 503-603)
“Ketahuilah bahwa kejahatan Rafidhah dan
bid’ah buruk mereka menyebabkan buntut paling buruk dan celaka yang paling
jelek, ketika mereka mengetahui bahwa Al-Qur’an dan As-Sunnah menyerukan
kerugian dan kehancuran atas mereka dengan suara tinggi, mereka pun memusuhi
Sunnah yang suci dan mencederai para ahlinya yaitu para sahabat yang Allah
ridhai mereka, dan mereka jadikan orang
yang memegangi sunnah sebagai musuh Ahlul Bait, mereka telah membatalkan sunnah
seluruhnya dan menggantikannya dengan kedustaan-kedustaan yang mengandung
cacian dan celaan pada para sahabat dan orang-orang yang mengusung sunnah,
berpedoman dengannya dan mengamalkannya dari kalangan Tabi’in dan pengikut
mereka dengan keji sampai mereka di namai dengan Nashib, yang membenci Amirul
Mukminin Ali dan putra-putranya. Semoga Allah menjauhkan Rafidhah dan
mencongkel mereka. –Lihat Quthr al-waliy fi hadits al-waliyy, hal.305-306-
Artikel Terkait:
SEJARAH KEMUNCULAN SYI'AH
Artikel Terkait:
SEJARAH KEMUNCULAN SYI'AH
VIDEO Terkait:
Deklarasi ANNAS Solo Raya, Habib Achmad bin Zein AL Kaff
DeklarasiANNAS Solo Raya, Ust. Abdullah Manaf
Deklarasi ANNAS Solo Raya, Ust. DR. Mu'inudinillah Basri, LC. MA
Sumber:
Buku Panduan Majlis Ulama’ Indonesia,
Mengenal dan Mewasdai Penyimpangan
SYI’AH Di Indonesia.
Tim Penulis MUI Pusat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar