Senin, 13 Maret 2017

Panduan Awal Mahasiswa Baru UIM MAdinah


Kembali kami ucapkan Baarakallaahu fiikum kepada teman-teman yang dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa baru di Universitas Islam Madinah.  Antum tentunya bertanya-tanya, apa yang selanjutnya dapat dilakukan untuk persiapan keberangkatan ini?
Berikut kami jelaskan langkah-langkah yang perlu antum kerjakan atau persiapkan:
  1. Hal pertama yang perlu Antum lakukan adalah mengecek apakah nama yang tertera di halaman pengumuman tersebut betul nama Antum atau bukan. Caranya dengan mengklik Details di samping nama, lalu masukkan roqm tholab Antum! Jika Antum berhasil login, maka benarlah itu nama Antum.
  1. Segera mengirimkan data yang kami minta melalui inbox ke halaman facebook PPMI Madinah dengan format sebegai berikut:
Nama Lengkap:
Nomor Hp yang aktif:
Nomor Whatsapp:
Asal Daerah:
Asal Sekolah:
Raqm Thalab:
Silahkan inbox ke link ini: https://www.facebook.com/ppmimadinah.org/?fref=ts
  1. Mulailah kembali mempersiapkan berkas-berkas sebagaimana pendaftaran awal! Jika saat daftar online yang dibutuhkan cukup scan softfile, setelah diterima yang dibutuhkan adalah dokumen hardfile. Dokumen tersebut adalah:
  1. Paspor; minimal nama 3 suku kata. Jika belum silakan minta tambah ke kantor Imigrasi!
  2. Ijazah resmi tingkat SMA
  3. Transkrip nilai; yang di belakang ijazah.
  4. Akte kelahiran.
  5. SKCK; boleh dari kepolisian di tingkat apa saja.
  6. Rekomendasi kementerian agama; boleh dari tingkat apa saja.
  7. Rekomendasi; lembaga (satu) dan dari tokoh (satu).
  8. Foto berwarna terbaru, tanpa kacamata, tanpa tutup kepala, dengan backgroud putih ukuran 4×6 sebanyak 30 lembar.
  9. Isy’ar qobul; surat panggilan study dari Madinah yang dapat didownload di web UIM.
  10. Semua dokumen diterjemahkan oleh penerjemah resmi ke dalam bahasa arab. (yang belum menterjemahkan nantinya bisa melalui Jam’iyyah Ar-Rahmah)
  11. Terjemahan ijazah dan akte kelahiran untuk mendapat legalisasi kedubes Saudi Arabia harus dilegalisir terlebih dahulu oleh:- Ijazah; terjemahan harus dilegalisir oleh kementerian pendidikan pusat.- Akte kelahiran; terjemah arabnya harus dilegalisasi oleh kantor catatan sipil pusat.
  12. Akan ada biaya untuk medical check up, enjaz visa, dan acara pelepasan keberangkatan. Secara detail nantinya menunggu arahan Jam’iyyah Ar-Rahmah. Bisa disiapkan saja sekitar 3 juta rupiah untuk semuanya.

  1. Pengurusan keberangkatan tidaklah sebentar, karena melibatkan banyak pihak baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Jadi, kami himbau kepada teman-teman yang namanya muncul sebagai calon mahasiswa Madinah agar tetap tenang, sabar, banyak berdoa, dan jangan terburu-buru meninggalkan aktifitas bagi yang sedang kuliah atau bekerja!
Jam’iyyah Ar-Rahmah adalah lembaga yang dipimpin oleh Ustadz Abdullah Said Baharmus, seorang alumni Universitas Islam Madinah yang setiap tahunnya membantu proses pengurusan berkas keberangkatan mahasiswa yang diterima ke Madinah.
Demikian info sementara yang dapat kami sampaikan,  nantikan kabar selanjutnya dari kami.
Redaksi: aba/ppminadinah2017
Editor: ppmimadinah2017

– PPMI Madinah –
Sumber: http://ppmimadinah.org/2017/03/panduan-awal-bagi-calon-mahasiswa-baru-universitas-islam-madinah/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar