Minggu, 08 Januari 2017

BACAAN IFTITAH SHALAT TAHAJUD





(6) اللَّهُمَّ لك الحَمدُ, أنتَ نُورُ السَّمَاوَاتِ وَ الأرضِ وَ مَن فِيهِنَّ, وَلَكَ الحَمدُ أنتَ القَيِّمُ السَّمَاوَاتِ وَ الأرضِ وَمَن فِيهِنَّ, (وَلَكَ الحَمدُ أنتَ رَبِّ السَّمَاوَاتِ وَ الأرضِ وَمَن فِيهِنَّ), (وَلَكَ الحَمدُ لَكَ المُلكُ السَّمَاوَاتِ وَ الأرضِ وَمَن فِيهِنَّ), (وَلَكَ الحَمدُ أنتَ المُلكُ السَّمَاوَاتِ و الأرضِ), (وَلَكَ الحَمدُ), (أنتَ الحَقُّ, وَوَعدُكَ الحَقُّ, وَقَولُكَ الحَقُّ, وَلِقَاؤُكَ الحَقُّ, وَالجَنَّةُ حَقٌّ, وَالنَّارُ حَقٌّ, وَالنَّبِيُونَ حقٌّ, وَمُحَمّدُ حَقٌّ, وَالسَّاعَةُ حَقٌّ), (اللَّهُمَّ لَكَ أَسلَمتُ, وعَلَيكَ تَوَكَّلتُ, وَبِكَ امَنتُ, و إلَيكَ أنَبتُ,وَبِكَ خَاصَمتُ, وَإلَيكَ حَاكَمتُ, وَاغفِرلِي مَا قَدَّمتُ وَمَا أَخَّرتُ, وَمَا أَسرَرتُ, وَمَا أعلَنتُ), (أنتَ المُقَدِّمُ وَ أنتَ المُأخِّرُ, لَااِلَهَ اِلَّا أنتَ), (أنتَ اِلهِي لاالَهَ اِلّا أنت)

6. “Ya Allah segala puji bagiMu, Engkau cahaya langit dan bumi serta seisinya. BagiMu segala puji, Engkau yang mengurusi langit dan bumi serta seisinya. Segala puji bagiMu, Engkau tuhan yang menguasai langit dan bumi serta seisinya. Segala puji bagiMu bagiMu kerajaan langit dan bumi serta seisinya. Segala puji bagiMu Engkau adalah penguasa langit dan bumi. Segala puji bagiMu, Engkau adalah benar, janjiMu adalah benar, firmanMu adalah benar, bertemu denganMu adalah benar, Surga adalah benar (ada), Neraka adalah benar (ada), (terutusnya) para Nabi adalah benar, (terutusnya) Muhammad adalah benar (dariMu), dan terjadinya Hari Kiamat adalah benar. Ya Allah kepadaMu aku menyerah. KepadaMu saya bertawakal. KepadaMu saya beriman, kepadaMu saya kembali (bertaubat), dengan pertolonganMu saya memerangi (orang-orang kafir), dan kepadaMu saya berhakim. Oleh karena itu, ampunilah dosa saya yang telah lewat dan yang akan datang. Juga dosa yang saya sembunyikan dan saya kerjakan secara terang-terangan. Engkaulah yang mendahulukan dan mengakhirkan, tidak ada tuhan yang disembah dengan benar kecuali Engkau. Engkau adalah Tuhanku, tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau.”
 (Al Bukhari bersama Al Fath, 3/3, 11/116, 13/371, 423, 465, [no.1120], dan Muslim secara ringkas dengan do’a semisal, 1/532, [no.769]. Diriwayatkan dari ‘Abdullah bin Abbas)

(أنتَ نُورُ السَّمَاوَاتِ وَ الأرضِ) “Engkau adalah cahaya langit dan bumi.” Maksudnya, sesungguhnya segala sesuatu yang bersinar dan bercahaya di langit dan di bumi adalah dengan kehedakMu.

(أنتَ القَيِّمُ السَّمَاوَاتِ وَ الأرضِ) yakni, Engkau adalah pemelihara serta penjaga langit dan bumi. Juga penjaga siapa pun yang ada di dalamnya danmengelilinginya.

(أنتَ رَبِّ السَّمَاوَاتِ وَ الأرضِ) Maksudnya, Engkau adalah penguasa langit dan bumi. (وَمَن فِيهِنَّ) “dan siapapun di dalamnya.” Kata “Raab” berarti pemilik, majikan, yang ditaati, dan yang membuat perbaikan.

(أنتَ الحَقَّ) Al Haq adalah salah satu nama Allah. Maksudnya yangbenar-benar ada secara hakiki dan benar-benar terwujud keberadaan serta ketuhananNya.

(وَوَعدُكَ الحَقَّ) “JanjiMu adalah benar” Maksudnya, nyata dan tidak bathil. Allah berfirman:

رَبَّنَا إنَّكَ جَامِعُ النَّاسِ لِيَومٍ لَا رَيبَ فِيهِ إنَّ اللهَ لَا يُخلِفُ المِيعَادَ (ال عمران: 9)
“Ya Tuhan kami ! sesungguhnya Engkau mengumpulkan manusia untuk (menerima pembalasan pada) hari yang taka ada keraguan padanya. Sesungguhnya Allah tidak menyalahi janji.” (Ali ‘Imran: 9)

(وعَلَيكَ تَوَكَّلتُ) “Dan hanya kepadaMu saya bertawakal.” Yakni hanya kepadaMu saya berpasrah dan menggantungkan segala urusan.

(وَإليكَ أنَبتُ) yakni, “Dan hanya kepadaMu saya kembali dan menghadap dengan ketaatan. Kemudian saya berpaling dari selainMu.”

(وَبِكَ خَاصَمتُ) yakni, denganMu saya berhujjah, membela, memerangi siapapun yang menentang dan kafir kepadaMu, serta denganMu saya menghinakannya baik dengan hujjah maupun pedang.

(وَإليكَ حَاكَمتُ) yakni, saya mengangkat peradilan saya kepada Engkau atas siapapun yang menentang kebenaran. Dan saya menjadikan Engkau sebagai hakim antara saya dengan nya. Saya tidak mencari hukum kepada siapapun selain Engkau yang berhukum dengan hukum jahiliyah. Saya tidak meridhai hukum selain dariMudan tidak bergantung kepada selain Engkau.

BACAAN IFTITAH SHALAT 1
BACAAN IFTITAH SHALAT 2-3
BACAAN IFTITAH SHALAT 4-5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar